Selasa, 22 Februari 2011

Tugas softskill 1

Tugas softskill 1
Materi : Bab I
• Jawab lah pertanyaan di bawah
• Upload pada studentsite masing-masing
• Masukkan pada tugas

1. Tentang kewarganegaraan
• Kompetensi apa yang diharapkan dengan adanya pendidikan kewargaanegaraan
• Pendidikan kewarganegaraan akan menghasilkan sikap mental yang cerdas serta penuh rasa tanggung jawab. Sikap tersebut di atas akan disertai prilaku positif; sebutkan sikap-sikap tersebut
2. Bangsa dan Negara
• Jelaskan pengertian Bangsa dan Negara
• Jelaskan mengenai teori terbentuknya negara
• Sebutkan serta jelaskan unsur-unsur negara





jawaban.

1.Kompetensi apa yang diharapkan dengan adanya pendidikan kewargaanegaraan
genarasi penerus diharapkan akan mampu mengantisipasi hari depan yang senantiasa berubah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya, bangsa, negara, dan hubungan internasional serta memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan perilaku sebagai pola tindak yang cinta tanah air berdasarkan Pancasila. Semua itu diperlakukan demi tetap utuh dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
.Pendidikan kewarganegaraan akan menghasilkan sikap mental yang cerdas serta penuh rasa tanggung jawab. Sikap tersebut di atas akan disertai prilaku positif; sebutkan sikap-sikap tersebut?
Pendidikan Kewarganegaraan yang berhasil akan
membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung
jawab dari peserta didik. Sikap ini disertai dengan perilaku yang :
1 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghayati nilai–nilai falsafah bangsa
2 Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3 Rasional, dinamis, dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
4 Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.
5 Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.


2.Jelaskan pengertian Bangsa dan Negara

Bangsa adalah orang–orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri. Atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu dimuka bumi. sedangkan
Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama–sama mendiami satu wilayah tertentu dan mendirikan sebuah pemerintahan .

.Teori terbentuknya negara ada 3
a. Teori Hukum Alam menurut(Plato dan Aristoteles). Kondisi Alam => Berkembang Manusia => Tumbuh Negara. menurut mereka negara terbentuk karna kondisi alam dan kondisi alam berhubungan dengan perkembangan manusia lalu terbentuklah negara melalui kondisi kondisi tersebut.
b. Teori Ketuhanan Segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan, termasuk adanya negara.
c. Teori Perjanjian (Thomas Hobbes) Manusia menghadapi kondisi alam dan timbullah kekerasan, manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara–caranya. Manusia pun bersatu (membentuk negara) untuk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dalam gerak tunggal untuk kebutuhan bersama.

unsur unsur negara
a. Konstitutif. Negara meliputi wilayah udara, darat, dan perairan (unsur

pengakuan dari negara lain baik secara de jure dan de facto dan ikut dalam perhimpunan bangsa–bangsa, misalnya PBB. maksudnya sebuah negara ingin di akui keberadaanya oleh negara lain baik secara de jure maupun de facto.atau dengan kata lain sebuah negara ingin mempunyai pemerintahan yang berdulat yang diakui oleh negara lain.

b. Deklaratif.
Negara mempunyai tujuan,undang–undang dasar, maksudnya adalah sebuah negara di bentuk itu mempunyai tujuan .tujuannya bisa bermacam" bisa karna tidak puas dengan pemerintahan di suatu negara maka ada daerah yang keluar dari negara itu dan membuat negara baru yang sesuai dengan ideologi atau keinginan daerah tersebut...

negara pasti mempunyai aturan aturan yang mengatur setiap warga negara yang tinggak di derah tersebut dengan makdsud agar setiap warga negara patuh terhadap hukum yang berlaku di neraga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar